JENIS PUPUK KELAPA SAWIT DI LAHAN GAMBUT

Kelapa sawit adalah salah satu jenis tanaman yang mana sangat mampu dalam menghasilkan minyak nabati yang biasanya sering digunakan untuk keperluan rumah tangga. Tanaman dari kepala sawit sendiri merupakan tanaman yang bener bener cocok tumbuh pada kawasan dengan curah hujan lebih dari 2.000mmpertahun.dan juga memiliki tingkat kesaman tanah lebih dari 4,0.

pupuk sawit di lahan gambut

Penyubur pohon  sawit  pada umumnya pada lahan gambut tidak jauh berbeda dengan penyubur tanaman kelapa sawit di lahan pada umumnya, yaitu pupuk di aplikasikan melingkar pada piringan pokok tanaman serta pupuk harus sesuai dengan tujuan pemupukan  dan sesuai dengan aturan yang telah disarankan agar memperoleh hasil yang diharapkan.

Penyubur pohon sawit  yang benar harus perlu dilihat ramah terhadap kelangasungan hidup , lahan yang dibakar bukan solusi tepat untuk mendapatkan lahan yang siap tanam. karena hal tersebut banyak menimbulkan dampak-dampak yang negatif yang diantaranya kandungan unsur hara tanah banyak yang hilang, musnahnya predator hama kelapa sawit, mencemari lingkungan sekitar dengan banyaknya asap yang muncul akibat pembakaran lahan.

Pemupukan sawit di lahan gambut  cukup menggunakan jenis pupuk yang sama dengan tanah mineral, akan tetapi dosisnya lebih ditingkatkan mengingat kondisi tanah gambut belum stabil. Adapun jenis pupuk yang di pakai yaitu : SP-36 300 gr, (RP 500) gr, dan CuSO4 15 gr. adapun pupuk organik adalah POP SUPERNASA 15 gr.

Jenis Pupuk sawit di lahan gambut

Untuk  tanaman kelapa sawit yang sudah tua  atau jelang produksi yaitu : NPK sesuai rekomendasi ppl setempat dan di campur dengan SUPERNASA GRANULE 50 KG, dan POWER NUTRITION 3 KG untuk standar kebutuhan lahan 1 hektar.

Untuk mengaplikasikan pupuk tersebut diatas khususnya pada pembibitan, isilah lubang tanam dengan top soil setebal 25 cm lalu di padatkan. kemudian masukan 1/3 dosis dari jumlah keseluruhan pupuk. tanamkan bibit kelapa sawit dengan merobek dulu large bagnya. pastikan permukaan bola tanah sejajar dengan tanah di sekitarnya. timbun sekali lagi bibit kelapa sawit dengan tanah dilapisan top soil, kemudian taburkan lagi pupuk 1/3 dosis di atasnya. Sesudah itu tumpukan lagi dengan tanah , lalu taburkan sisa pupuk tersebut.  Sesudah itu tumpukan lagi dengan tanah di atasnya.

http://juraganpupuk.com/pupuk-organik/cara-mengatasi-hama-penggerek-batang-kopi-gresik/


Ada beberapa hal yang harusdilihat dalam pemupukan kelapa sawit di tanah gambut yaitu :

1. Sebelum pengaplikasian pupuk, terlebih dahulu bersihkan rimput yang ada di sekitar piringan yang melingkari pohon kelapa sawit.

2. Untuk areal yang datar, pupuk ditaburkan melingkar  tajuk daun kelapa sawit sekitar 1.5   mater dari pangkal batang

3. Pupuk harus di tebar secara teratur, tidak boleh asal asalan/ atau tidak beraturan

4. Pupuk yang tidak boleh di campur, harus kasih rentan waktu dari pemberian pupuk lain dalam pengunaanya. contoh pupuk yang gak boleh di campur adalah MOP, DOLOMIT tidak boleh di campur dengan ZA, UREA.

5. Pupuk yang diaplikasikan harus remah atau gembur.tidak baik berupa gumpalan

6. Dosis yang tepat.waktu yang tepat, jenis yang tepat dan cara yang tepat.

Penggunaan pupuk yang berimbang harus dilakukan, yaitu antara pemberian pupuk kimia dan mikro serta pemberian hormon pertumbuhan juga wajib diberikan, guna memenuhi ketersediaan usur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, serta penggunaan pupuk yang mampu memperbaiki kerusakan tanah untuk menunjang perkebunan yang lestari.

0 Response to "JENIS PUPUK KELAPA SAWIT DI LAHAN GAMBUT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel